Selasa, 07 November 2023

CARA MEMELIHARA KESEHATAN GIGI DAN MULUT

 Pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu upaya meningkatkan kesehatan. Mulut bukan sekedar untuk pintu masuknya makanan dan minuman tetapi fungsi mulut lebih dari itu dan tidak banyak orang menyadari besarnya peranan mulut bagi kesehatan dan kesejahteraan seseorang. Oleh karena itu kesehatan gigi dan mulut sangat berperan dalam menunjang kesehatan seseorang. Berikut cara memelihara kesehatan gigi dan mulut:

1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Menyikat gigi sebaiknya jangan terburu-buru dan sikatlah gigi dengan lembut dengan gerakan melingkar minimal 2 menit untuk menghilangkan plak. Plak yang tidak dibersihkan bisa mengeras dan menyebabkan karang gigi yang kemudian jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan gingivitis (radang gusi). 

2. Jangan Lupa Bersihkan Lidah
Saat menyikat gigi, seringkali kita melupakan suatu hal yang juga penting bagi kesehatan gigi dan mulut yaitu menyikat lidah. Pasalnya, plak juga bisa menumpuk di lidah. Jika tidak dibersihkan, dapat menyebabkan bau mulut dan masalah kesehatan mulut lainnya. Anda bisa membersihkan lidah dengan bagian belakang dari kepala sikat atau dengan alat khusus pembersih lidah.

3. Gunakan Pasta Gigi Berfluoride
Fluoride adalah mineral yang berfungsi untuk meningkatkan ketahanan struktur gigi dan hal tersebut sangatlah penting dalam mencegah gigi berlubang. Pasta gigi mengandung fluoride dapat diberikan pada anak-anak yang berusia 2 tahun ke atas. Hal ini untuk mencegah tertelannya fluoride dalam pasta gigi dalam jumlah besar yang dapat menyebabkan keracunan.

4. Bersihkan Gigi dengan Benang Gigi
Flossing atau membersihkan gigi dengan benang gigi bertujuan untuk mengambil potongan kecil makanan yang terselip di sela-sela gigi. Padahal flossing merupakan bagian dari perawatan gigi dan mulut yang penting dilakukan secara rutin, karena bermanfaat untuk merangsang gusi, mengurangi plak, dan mengurangi peradangan pada area tersebut. 

5. Berkumur dengan Obat Kumur
Penggunaan obat kumur juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Cairan tersebut bekerja dalam tiga cara, yaitu mengurangi jumlah asam di mulut, membersihkan area yang sulit disikat di dalam dan sekitar gusi, dan mengembalikan mineralisasi gigi.

6. Kunjungi Dokter Gigi 6 Bulan Sekali
Meskipun Anda rutin menyikat dan membersihkan gigi, Anda tetap perlu mengunjungi dokter gigi setidaknya dua kali setahun. Dokter gigi tidak hanya dapat menghilangkan karang gigi dan mencari gigi berlubang, tetapi juga mengidentifikasi potensi masalah dan memberikan solusi pengobatan.

7. Minum air putih secukupnya
Minum air yang cukup yaitu 8 gelas per hari merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Minum banyak air bisa membantu menghilangkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang lengket dan asam.

8. Batasi konsumsi makanan yang manis dan asam
Makanan manis yang mengandung gula tinggi atau asam dapat menyebabkan seseorang mengalami gigi berlubang. Hal ini disebabkan makanan manis dan asam dapat menyebabkan bakteri penyebab gangguan pada gigi berkembang biak dengan mudah yang kemudin mengikis bagian luar gigi sehingga membentuk lubang pada gigi. Tidak hanya makanan, minuman yang mengandung gula juga dapat menyebabkan kondisi yang serupa. Tidak perlu menghentikan konsumsi gula sama sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, Anda hanya perlu membatasi konsumsinya.

9. Makan makanan yang bergizi
Seperti halnya air putih, mengonsumsi makanan bergizi juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Pola makan bergizi yang mencakup buah-buahan dan sayuran, serta produk susu dapat memberikan semua nutrisi yang gigi Anda butuhkan. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa lemak omega-3, jenis lemak sehat dalam makanan laut, dapat mengurangi risiko peradangan, yang dapat menurunkan risiko penyakit gusi.

10. Jangan merokok
Tembakau dapat menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam. Selain itu kandungan nikotin dan tar pada rokok dapat menyebabkan kerusakan lapisan jaringan gigi. Kandungan ini dapat mengurangi produksi saliva, sehingga mulut terasa kering dan  bakteri lebih mudah berkembang biak. Kandungan nikotin juga bisa memperparah penumpukan bakteri yang dapat mengakibatkan terjadinya karies. Mulut yang kering ditambah banyak karies dapat mengakibatkan masalah bau mulut. Merokok juga melipatgandakan risiko terhadap penyakit gusi dan kanker mulut. Oleh karena itu, berhentilah merokok sekarang juga.



Referensi :
https://www.halodoc.com/artikel/batasi-makanan-manis-untuk-mencegah-sakit-gigi#:~:text=Makanan%20manis%20yang%20mengandung%20gula,dapat%20membentuk%20plak%20pada%20gigi 
https://www.halodoc.com/artikel/cara-tepat-menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut 
https://www.unpad.ac.id/2021/08/ini-efek-buruk-rokok-bagi-kesehatan-gigi-dan-mulut/ 
https://www.tanyapepsodent.com/tips-kesehatan-gigi/diet-dan-gaya-hidup/apakah-fluoride-dan-apa-fungsi-fluoride-untuk-gigi.html 

0 komentar:

Posting Komentar